It's all about your wedding

Kamis, Februari 26, 2015

Go Green With Your Paper

Sumber
Banyak hal bisa kita lakukan dengan bahan dasar kertas, mulai dari aktifitas atau kegiatan perkantoran, akademis, hingga mencakup ke kegiatan sehari-hari. Bila kita telisik lebih jauh, semakin banyak kita menggunakan barang-barang yang berbahan dasar kertas, maka kita akan semakin banyak menebang pohon! 

Isu tentang himbauan untuk penghematan penggunaan barang-barang berbahan dasar kertas sudah lama dan sudah sering diserukan, namun tidak semua orang mau dan mampu untuk memberikan
perhatiannya. Seperti yang pernah kita ketahui bahwa negara Indonesia ini pernah menjadi paru-paru dunia dengan hutannya yang sangat lebat. Namun ternyata setelah pencapaian tersebut, justru hutan Indonesia semakin berkurang sedikit demi sedikit, digunduli oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab :'( Lantas saya bertanya, apakah masih banyak orang yang menyimpan kepeduliannya terhadap kerusakan dan masa depan hutan Indonesia yang semakin menyedihkan ini?

Tidak semua orang memiliki bakat untuk merusak alam, namun tidak semua orang juga mampu untuk bersikap lebih aware dalam hidup berdampingan dengan alam. Untuk memperlihatkan kepedulian akan hutan, akan kelestarian alam, kita tidak harus melakukan gerakan ekstrem, cukup melakukan hal-hal kecil yang sederhana dan menyebarkan himbauan untuk melakukan gerakan go green.

Saya pribadi sangat perhitungan dengan penggunaan kertas, apa pun yang saya lakukan yang berhubungan dengan kertas akan saya minimalisir. Seperti penggunaan tisu, saya menggunakan tisu hanya pada saat-saat tertentu yang urgent, kalau hanya untuk keperluan di rumah saya biasa menggunakan kain lap. Atau menggunakan kertas saat melakukan print pekerjaan, saya akan menggunakan kertas yang sudah pernah dipakai tapi masih bagus untuk mencoba print-an pertama, sehingga bila salah nge-print saya tidak akan membuang-buang kertas. Nah, sedangkan sisa kertas-kertas yang sudah kumal dan tidak bisa digunakan lagi akan saya gunakan sebagai bahan pelengkap pada rangkaian hantaran. Jadi, tidak akan ada yang terbuang kan :D

Limbah percetakan yang berlimpah ruah di rumah saya juga tidak luput dari mata kreatifitas saya :) Ketika melihat tumpukan potongan kertas yang berwarna-warni, waaahhh saya seperti melihat harta karun! Apa saya terlihat lebay? Ah, itu terserah kepada Anda, terserah bagaimana cara pandang Anda terhadap apa yang saya lakukan. Apa yang saya lakukan hanyalah hal kecil, mengolah limbah kertas menjadi barang-barang lain yang lebih bermanfaat dan bernilai jual.

Pada intinya adalah apa pun yang kita lakukan, lakukanlah sesuai dengan hati, karena apa pun yang dilakukan atas dasar hati yang senang maka akan menjadi hal yang lebih bermanfaat, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain. Happy crafting with your waste and always Go Green ^^


-270215-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar